Awasi Data Anda!

July 19, 2011 § 6 Comments

Indonesia sangat rawan terhadap keamanan nasional. Hasil survei yang dilakukan Indosat Watch di berbagai negara, Indonesia sangat rentan mengalami pencurian data rahasia.

Anda menggunakan internet sebagai medium utama bertukar informasi? Masih merasa bahwa data/informasi yang Anda kirimkan lewat koneksi internet 100% aman? Pikirkan beribu-ribu kali, apalagi jika Anda tinggal di Indonesia. Sebuah survey yang dilakukan oleh Indosat Watch di berbagai negara mengenai keamanan data menunjukkan sebuah fakta yang menarik, dan juga mencengangkan. Indonesia, termasuk negara yang paling tidak aman dalam urusan kerahasiaan data. Bagaimana bisa?

Masih menurut Indonesia Watch, faktor utama yang menyebabkan kerahasiaan data di Indonesia sangat minim adalah dikuasainya perusahaan telekomunikasi oleh pihak asing. Bandingkan dengan negara lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Tiga negara tersebut sangat hati-hati dalam menjaga sistem telekomunikasi internalnya. Bukan hanya koneksi internet yang beribu-ribu kali lebih cepat dari Indonesia, namun juga kerahasiaan dan keamanan informasi/data yang ditransfer melalui jaringan dijamin.

Namun, kembali, masalahnya adalah, sejauh mana Kita, masyarakat Indonesia peduli pada keamanan data mereka sendiri? Sejauh mana Kita mengerti, seberapa penting dan berharga data yang Kita miliki? Dan betapa berhayanya jika data kita jatuh ke tangan yang salah?

Sudah banyak kasus penyalahgunaan data yang terjadi dari media online, yang berujung pada tindakan hukum. Dan tidak sedikit korbannya mengalami kerugian, tidak hanya moril, bahkan materil. Umumnya data yang paling banyak dicuri adalah data pribadi yang secara sukarela diberikan/dicantumkan pengguna di media-media online, terutama jejaring sosial. Facebook, Friendster, dan jejaring sosial lainnya adalah lumbung padi yang paling subur bagi para pencuri personal-information. Nama, tanggal lahir, alamat rumah dan alamat email menjadi data pribadi yang paling sering dicuri. Mungkin Anda berpikir semua itu tidak terlalu penting. Namun, Anda salah..

“Klo nama dan tanggal lahir gw ketahuan orang, terus kenapa?”

Tidak perlu berbicara data tingkat tinggi, seperti transaksi keuangan, laporan perusahaan, dan data rahasia intelejen negara. Justru yang paling marak adalah pencurian data pribadi. Dimulai dari nama asli, dan tanggal lahir, hingga password dan pin online banking. Percayalah, sekecil apapun informasi pribadi Anda, sangat berarti bagi para pencuri di luar sana.

Masih merasa data Anda tidak berharga? Pikirkan lagi.

sumber: Yahoo! News, Google

Advertisements

§ 6 Responses to Awasi Data Anda!

  • indobrad says:

    noted. jadi serem krn sudah menuliskan tanggal lahir di FB meski gak ada tahunnya.

    serem takut ditodong nraktir =)) =))

  • online banking gak aman banget ya berarti? ah, jadi khawatir 😦

    “faktor utama yang menyebabkan kerahasiaan data di Indonesia sangat minim adalah dikuasainya perusahaan telekomunikasi oleh pihak asing”, nah maksudnya ini gimana? pihak asing itu sengaja memperlemah kerahasiaan data di sini atau Indonesianya yang emang gak bisa karena ada mereka?
    *maap bego* xD

    • Online banking baiknya jangan dari komputer public. Begitu konon katanya.

      Jadi kayak yang gw jelasin tadi… di tulisan itu ada dua tipe macam ketidak-amanan data. Yang pertama data pribadi, yang kedua data nasional. Nah terkait dengan pernyataan di atas itu keamanan data nasional.

      Ngerti nggak? #eaaa

      • abu4faqih says:

        Uh ngeri, yg terkait “national security” mesti segera respon dong, Ge.
        Btw, buka blog ini jadi inget “Topic: Kalo ketemu blog yang template-nya sama” di milis deblogger karena theme kita sama he he he …

  • lukman says:

    makanya tagline di plurk gw: digitally exposed #yaterus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Awasi Data Anda! at a ranger's daily life..

meta

%d bloggers like this: