Karma Does Exist (?)

September 15, 2011 § 14 Comments

I’m a true believer in karma. You get what you give, whether it’s bad or good.

Sandra Bullock.

*Jika kamu membaca blogpost ini karena berharap adanya cerita tentang karma yang menjurus pada percintaan, sebaiknya berhenti di sini. Kamu nggak bakal nemu cerita galau di sini*

Jadi gini,

siang ini saya seperti biasa, menghabiskan waktu (yang sengaja dibuat) luang dengan baca-baca timeline twitter. Nggak ada yang special sebenarnya. Nggak ada twitwar, atau satu topik yang ramai-ramai dibahas. Just another ordinary day in twitter, I thought so.

Pemikiran itu berhenti saat saya tiba-tiba membaca sebuah tweet dari seorang teman, Erry Febrian. Ia adalah seorang Liverpudlian, jurnalis di majalah IT, dan pecinta Emma Watson sama seperti saya. Beginilah bunyi tweetnya..

Iya, dia baru saja membeli pulsa sebesar satu juta rupiah karena terlalu banyak menginput angka 0 saat transaksi. Reaksi pertama saya setelah membaca tweet tersebut, ketawa… Ketawa nggak berhenti sambil membayangkan apa yang bakal Erry lakukan dengan pulsa 1 juta di telepon genggamnya. Bayangkan berapa ratus orang yang bisa Erry telepon dengan pulsa sebanyak itu, dan promo-promo nelpon murah yang marak akhir-akhir ini. Karena itulah, akhirnya sayapun ngetweet…

Lucu total. Saya dengan enteng ngatain Erry orang kaya karena kesalahannya saat input angka. Itu lucu loh. Coba lo bayangin, beli pulsa yang harusnya 100K tiba2 jadi 1000K. Ngakak kan? Lucu kan? *maaf ya Erry…*

Tapi kelucuan itu berhenti sampai saat di mana, karma exists. Ini buktinya…

Iyah. Saya yang tadi siang dengan sepenuh hati ngetawain Erry, ngetweet berbela sungkawa dengan senang hati, dapet balesannya beberapa jam kemudian. Kejadiannya juga hampir sama, niat awal mau transfer dengan jumlah 94 ribu rupiah. Tapi karena nggak teliti dan ceroboh, jadi deh angka nol nya kelebihan satu. Sialnya, saldo di Bank saat itu lebih dari 940 Ribu. Andaikan kurang dari itu, pasti transfernya gagal.

Apa pesan moral yang bisa dipetik dari kejadian ini?

1)   Jangan suka senang di atas penderitaan orang lain. Hidup itu kayak roda, berputar. Bisa aja kamu ada di posisi temen kamu itu nantinya. Dan kadang rodanya berputar terlalu cepat. Kasus gw ini contohnya. Apes emang.

2)   Check dua kali jumlah angka 0 sebelum kamu tekan tombol Yes saat mau transfer. Atau amannya, setiap transfer ga usah pake angka 0. Jadi misal mau transfer 100.000, kamu transfernya 123.456. Anggap aja 23 ribu itu sedekah. Aman kan?

3)   Jangan isi account bank kamu banyak-banyak. Ini untuk mengurangi resiko salah pencet kayak tadi. Simpan uang kamu di rumah. Atau kalau perlu buka sebanyak mungkin account bank. Satu account dibatasin maksimal nampung 2Juta. Jadi klo kekayaan kamu kayak Gayus, itung aja punya berapa account bank berbeda.

4)   Perbanyak berdoa sebelum ngapa-ngapain. Bener deh, baiknya emang sebelum ngapa-ngapain kita bismillah dulu. Insya Allah dihindarkan dari yang aneh-aneh. >_<

Apa cerita ini bisa dibilang karma? Menurut kamu? Nggak tahu juga sih apa namanya ini. Tapi yang jelas, you get what you what you give. Jadi hati-hati dalam memberi atau melakukan sesuatu yah..

Pernah ngalamin hal kayak gini? Share dong di komentar 😀

Advertisements

§ 14 Responses to Karma Does Exist (?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Karma Does Exist (?) at a ranger's daily life..

meta

%d bloggers like this: